CBA Desak KPK Buru Dugaan Korupsi Rp2,59 Triliun BOP di Kemenag

Skandal Konsesi Jalan Tol, Pemerintah Diminta Segera Ambil Alih Tol Cawang–Pluit–Tanjung Priok dari Jusuf Hamka

Juni 9, 2025
Jutaan Anak Manfaatkan Taman Kota Surabaya

Jemput Anak-Anak Bermasalah, Selamatkan Masa Depan: RIAS Menjadi Solusi

Juni 9, 2025
Polisi Bongkar Tiga Situs Web Judi Online, 18 Orang Jadi Tersangka

Soal Judi Online, CBA: PPATK Pasti Tahu Transaksi Uang Budi Arie

Juni 9, 2025
CBA Desak KPK Buru Dugaan Korupsi Rp2,59 Triliun BOP di Kemenag
Berita

Skandal Konsesi Jalan Tol, Pemerintah Diminta Segera Ambil Alih Tol Cawang–Pluit–Tanjung Priok dari Jusuf Hamka

by redaksi
Juni 9, 2025
0
1.4k

SIAGAINDONESIA.ID Pemerintah diminta tidak lagi tunduk pada kepentingan swasta dalam pengelolaan jalan tol. Seruan keras datang dari Direktur Eksekutif Center...

Read moreDetails
Jutaan Anak Manfaatkan Taman Kota Surabaya

Jemput Anak-Anak Bermasalah, Selamatkan Masa Depan: RIAS Menjadi Solusi

Juni 9, 2025
1.4k
Polisi Bongkar Tiga Situs Web Judi Online, 18 Orang Jadi Tersangka

Soal Judi Online, CBA: PPATK Pasti Tahu Transaksi Uang Budi Arie

Juni 9, 2025
1.4k

REKAYOREK

Ini Asal Mula Nama Grup Band Rock Elpamas

10 Feb 2025

Informasi Konstruktif Melindungi dan Melestarikan Seni Budaya…

13 Feb 2025

Bahasa Universal Itu Bernama Matematika

13 Feb 2025
Senin, Juni 9, 2025
SIAGA INDONESIA NEWS
  • Home
  • Berita
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Politik
  • Lainya
    • Kriminal
    • Dunia
    • Nusantara
    • Alutsista
    • Siaga Bencana
    • Opini
    • Podcast
No Result
View All Result
SIAGA INDONESIA NEWS
No Result
View All Result
Home Berita

Pemerintah Diimbau Tidak Paksakan Restrukturisasi Angkasa Pura Dalam Masa Transisi

by Swara
Juli 25, 2024
Reading Time: 2 mins read
A A
Pemerintah Diimbau Tidak Paksakan Restrukturisasi Angkasa Pura Dalam Masa Transisi
494
SHARES
1.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

SIAGAINDONESIA.ID Proses restrukturisasi PT Angkasa Pura sampai dengan saat ini tidak kunjung rampung. Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN seperti kejar tayang, meskipun banyak sekali masalah yang harus diselesaikan terkait eksistensi perusahaan pengelola bandara udara sebagai aset strategis negara yang menyangkut hajat hidup banyak, seperti pintu gerbang hubungan internasional, hingga masalah pertahanan dan Kemananan.

Hal ini disampaikan Direktur Asosiasi Ekonomi dan Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/7/2024).

“Proses restrukturisasi ini memang sebaiknya tidak dilakukan di masa transisi yang tinggal 3 bulan lagi. Penting disimak pernyataan presiden terpilih Prabowo Subianto baru baru ini bahwa pembangunan infrastruktur harus memperhatikan masalah pertahanan dan keamanan. “percuma membangun infrastruktur kalau negara tidak aman” demikian kata Prabowo. Ini untuk mengingatkan bahwa keberadaan infrastruktur strategis dalam sektor energi, pelabuhan, jalan, bandara, dan lain sebagainya jika tidak didasari oleh semangat patriotisme dan nasionalisme maka bisa menjadi masalah pertahanan dan keamanan nasional,” terang Salamuddin.

Sebagaimana diketahui bahwa PT Angkasa Pura I (AP I), yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola bandara, sedang melaksanakan program restrukturisasi operasional dan finansial. Adapun langkah-langkah yang telah diambil adalah:

1. Perubahan Nama: AP I dan PT Angkasa Pura II (AP II) telah bergabung menjadi PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) dan akan mengganti namanya menjadi PT Angkasa Pura Nusantara. Ini merupakan hasil dari penggabungan atau merger antara AP I dan AP II.

2. Penggabungan Usaha: Setelah perubahan nama, AP II akan berganti nama menjadi Angkasa Pura Indonesia. Kemudian, AP I akan digabungkan ke dalam Angkasa Pura Indonesia yang sebelumnya bernama Angkasa Pura II. PT Angkasa Pura Indonesia akan bertindak sebagai perusahaan penerima penggabungan.

Alasan utama restrukturisasi adalah masalah keuangan. AP I memiliki utang sebesar Rp 35 triliun akibat pandemi covid 19.

Sementara AP I sendiri telah menyiapkan program restrukturisasi yang mencakup upaya asset recycling, intensifikasi penagihan piutang, pengajuan restitusi pajak, efisiensi operasional, simplifikasi organisasi, dan penundaan program investasi. Tujuan utamanya adalah mengatasi tekanan pandemi dan memastikan kelangsungan operasional.

Perjanjian Restrukturisasi: AP I dan para kreditur telah sepakat untuk melakukan restrukturisasi fasilitas kredit. Beberapa poin yang disepakati meliputi tingkat suku bunga baru, penangguhan pembayaran sebagian bunga fasilitas kredit hingga 2023, dan perpanjangan jangka waktu kredit hingga 23 Desember 2031.

“Namun sejauh ini proses restrukturusasi belum dapat dituntaskan. Terjadi konflik kepentingan dengan kementerian perhubungan karena fungsi bandara sebegai public services yang didalamnya terdapat kewenangan kementerian perhubungan yang tidak dapat dipisahkan dari fungsi bandara. Sehingga perusahaan PT. AP 1 dan PT. AP2 tidak dapat diprivatisasi sehingga kewenangan negara melalui Kementerian perhubungan hilang,” ujar Salamuddin.

Selain itu proses restrukturisasi belum dilakukan sosialisasi secara memadai dengan para karawan AP1 dan AP2. Sementara besar kekuatiran para karyawan terhadap keberlanjutan pekerjaan mereka, status hukum karyawan BUMN tersebut, nasib dana dana karyawan seperti Tabungan Hari Tua (THT), dana Pensiun dan lain sebagainya.

“Kekuatiran ini beralasan mengingat restrukturisasi selalu berujung pada “efisiensi” atau PHK terhadap karyawan baik secara perlahan lahan maupun sekaligus di anak anak Perusahaan BUMN,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Salamuddin menghimbau segala bentuk keputusan strategis terkait dengan eksistensi AP1 dan AP2 agar tidak dilakukan dimasa transisi, namun sebaiknya menunggu pelantikan presiden dan wakil presiden baru.

“Hal ini penting agar tercipta kepastian hukum, menghindari gejolak sekecil apapun yang menggangu proses transisi dan jaminan kepastian keberlangsungan operasional AP1 dan AP2 sendiri. Pemerintah dapat menjadikan waktu yang tersisa sekarang ini untuk membuka ruang komunikasi dengan semua pihak yang terkait,” tutupnya.@

Share198Tweet124
Previous Post

Sikat Afiliasi Israel

Next Post

Stasiun Bakamla Tual Gelar Sosialisasi K3 di SMKN 1 Tual

Berita Terkait

CBA Desak KPK Buru Dugaan Korupsi Rp2,59 Triliun BOP di Kemenag

Skandal Konsesi Jalan Tol, Pemerintah Diminta Segera Ambil Alih Tol Cawang–Pluit–Tanjung Priok dari Jusuf Hamka

by redaksi
Juni 9, 2025
0
1.4k

...

Jutaan Anak Manfaatkan Taman Kota Surabaya

Jemput Anak-Anak Bermasalah, Selamatkan Masa Depan: RIAS Menjadi Solusi

by redaksi
Juni 9, 2025
0
1.4k

...

Polisi Bongkar Tiga Situs Web Judi Online, 18 Orang Jadi Tersangka

Soal Judi Online, CBA: PPATK Pasti Tahu Transaksi Uang Budi Arie

by Swara
Juni 9, 2025
0
1.4k

...

Next Post
Stasiun Bakamla Tual Gelar Sosialisasi K3 di SMKN 1 Tual

Stasiun Bakamla Tual Gelar Sosialisasi K3 di SMKN 1 Tual

Discussion about this post

REKAYOREK

Ini Asal Mula Nama Grup Band Rock Elpamas

10 Feb 2025

Informasi Konstruktif Melindungi dan Melestarikan Seni Budaya…

13 Feb 2025

Bahasa Universal Itu Bernama Matematika

13 Feb 2025
  • Disclaimer
  • Indeks
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

Copyright © 2021 Siaga Indonesia

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Politik
  • Lainya
    • Kriminal
    • Dunia
    • Nusantara
    • Alutsista
    • Siaga Bencana
    • Opini
    • Podcast

Copyright © 2021 Siaga Indonesia

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.