oleh Ferry Is Mirza DM
Wantama PWIDP3170
SIAGAINDONESIA.ID. HARI SENIN LUSA 2 OKTOBER kata Luhut Binsar Panjaitan (LBP) Kereta Cepat Indo China (KCIC) Jakarta Bandung, akan diresmikan bersama oleh Jokowi – Xi Jinping. “Semua menteri dan pejabat tinggi akan ikut naik kereta yang diberi nama Woosh itu,” kata Menmarvest LBP tanpa menjelaskan arti Woosh.
Selain kabar yang dikatakan LBP itu, membaca berita TEMPO.co edisi akhir bulan September, dada penulis naik turun dan cuma bisa geleng geleng kepala. Perasaan serupa tentu dialami Anda yang juga sudah membaca media kapabel tersebut.
Ini lantaran tulisan di media itu mengungkap soal biaya proyek KCIC itu dibandingkan dengan mega proyek –sekali lagi mega proyek– KFXZ (Kereta Fuzhou Xiamen Zhangzhou jalur Bawah Laut) bedanya 5 triliun. Memang KCIC lebih murah. Namun bila dilihat dari tingkat kesulitan dan panjang jalur yang dilewati KFXZ justru KCIC lebih mahal.
Mengulik berita yang diturunkan TEMPO.co kita mengetahui ketidaksebandingnya KCIC yang cuma proyek biasa dengan Mega proyek KFXZ Bawah Laut.
Rincinya begini : Mega Proyek KFXZ jalurnya di Bawah Laut sepanjang 277 kilometer baru diresmikan Kamis 28 September lalu. Diawali keberangkatan dari Fuzhou, ibu kota provinsi Fujian seperti laporan Berita Xinhua.
Pemberhentian sepanjang jalur KFXZ ini berada di kota- kota Fuzhou, Putian, Quanzhou, Xiamen and Zhangzhou. Proyek ini merupakan garapan operator kereta api negara itu, China State Railway Group Co. Ltd.
Biaya mega proyek KFXZ total investasi sebesar 53 miliar Yuan atau sekitar Rp 113 triliun untuk 277 kilometer.
Jalur KFXZ ini lewat 84 jembatan dan 29 terowongan, yang mencakup 85 persen dari total panjang jalan, kata Rao Huiming, wakil manajer umum Kereta Api Pantai Tenggara Fujian Co. Ltd. perusahaan konstruksi jalur kereta api.
Bandingkan dengan biaya proyek KCIC Jakarta-Bandung total investasi biaya proyek saat ini adalah Rp 108 Triliun untuk jarak 142 km setelah ada “pembengkakan” biaya dari APBN.
KCIC yang beberapa waktu lalu diujicoba oleh Jokowi dengan mengajak beberapa seleb pendukungnya merupakan proyek di atas tanah yang nyaris tanpa terowongan karena bukan di Bawah Laut.
Jadi KCIC ini bukan Mega Proyek seperti di China, meskipun tetap Mega Biaya.
DIMANA SALAH HITUNGNYA BIAYA KCIC ??? Apa ada yang bisa menjelasin supaya publik tidak gagal paham… Kalau orangnya rezim tentu tak akan mau menjawab.