Danbrigif 1 Jaya Sakti Kunjungan Kerja ke Yonif 202/Tajimalela

Danbrigif 1 Jaya Sakti Kunjungan Kerja ke Yonif 202/Tajimalela

Mei 11, 2025
Basarnas Diusulkan Naik Kelas Jadi Kementerian

Basarnas Diusulkan Naik Kelas Jadi Kementerian

Mei 11, 2025
Jan Hwa Diana, Owner UD Sentoso Seal Jadi Tersangka

Jan Hwa Diana, Owner UD Sentoso Seal Jadi Tersangka

Mei 11, 2025
Danbrigif 1 Jaya Sakti Kunjungan Kerja ke Yonif 202/Tajimalela
Alutsista

Danbrigif 1 Jaya Sakti Kunjungan Kerja ke Yonif 202/Tajimalela

by wiwin boncel
Mei 11, 2025
0
1.4k

SIAGAINDONESIA.ID   Komandan Brigif 1 Jaya Sakti Letnan Kolonel Inf  A.A Gede Rama C.P, S.Sos., M.Tr.(Han). melaksanakan kunjungan kerja ke Yonif...

Read moreDetails
Basarnas Diusulkan Naik Kelas Jadi Kementerian

Basarnas Diusulkan Naik Kelas Jadi Kementerian

Mei 11, 2025
1.4k
Jan Hwa Diana, Owner UD Sentoso Seal Jadi Tersangka

Jan Hwa Diana, Owner UD Sentoso Seal Jadi Tersangka

Mei 11, 2025
1.4k

REKAYOREK

Ini Asal Mula Nama Grup Band Rock Elpamas

10 Feb 2025

Informasi Konstruktif Melindungi dan Melestarikan Seni Budaya…

13 Feb 2025

Bahasa Universal Itu Bernama Matematika

13 Feb 2025
Minggu, Mei 11, 2025
SIAGA INDONESIA NEWS
  • Home
  • Berita
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Politik
  • Lainya
    • Kriminal
    • Dunia
    • Nusantara
    • Alutsista
    • Siaga Bencana
    • Opini
    • Podcast
No Result
View All Result
SIAGA INDONESIA NEWS
No Result
View All Result
Home Opini

Alternatif Atasi Kemacetan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

by redaksi
Oktober 24, 2023
Reading Time: 2 mins read
A A
Alternatif Atasi Kemacetan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

Pelabuhan Jangkar, Situbondo. Foto: ist

534
SHARES
1.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Oleh: Oki Lukito

SETIAP liburan panjang jalur pantura mulai dari Situbondo hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi macet hingga ber jam-jam bahkan pada musim liburan Idul Adha bulan April 2023 kemacetan hingga berhari hari. Pelabuhan Ketapang overload. Kendaraan multi jenis harus antri sampai 11 jam sebelum menyebrang Ke Gilimanuk, Bali.

Sebanyak 48 kapal penyeberangan yang disiapkan ASDP kewalahan menyebrangkan ribuan kendaraan dan penumpang ke Gilimanuk walaupun kapal yang ada sudah melakukan 224 trip per hari dengan lama perjalanan kurang lebih 1 jam.

Jika dicermati sejak dioperasikannya jalan Tol Probolinggo tahap dua awal tahun ini kepadatan arus lalu lintas Situbondo-Banyuwangi semakin meningkat. Jarak Merak-Probolinggo semakin dekat. Artinya, perjalanan dari Merak menggunakan koridor Trans Jawa semakin cepat. Jarak tempuh Merak-Probolinggo yang sebelumnya ditempuh lebih dari 20 jam, dengan beroperasinya Tol Probolinggo Timur hanya ditempuh 12 jam.

Dampaknya penumpukan kendaraan terjadi antara Situbondo-Banyuwangi yang belum dilalui Tol. Kemacetan lebih parah hingga 25 kilometer menjelang Pelabuhan Ketapang seperti yang terjadi pada musim liburan lalu.

Kita tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika Tol Road dari Merak tuntas hingga Banyuwangi tahun depan. Perjalanan hampir 800 kilometer tersebut hanya akan ditempuh dalam waktu 15 jam. Masalahnya jika sarana dan prasarana di Pelabuhan Ketapang tidak dibenahi serta tidak dicarikan solusinya diperkirakan kemacetan terjadi di dalam ruas Tol.

Pertama, penambahan jumlah kapal diyakini tidak akan mengatasi masalah. Kecuali kapasitas kapal Ferry dan khusus Landing Craft Tank 1000 DWT yang dizinkan dioperasikan sebagai kapal penumpang, hanya mampu mengangkut 96 penumpang, 12 truk, dan 8 mobil.

Minimal kapal yang layak dioperasikan untuk mengatasi botol neck di Pelabuhan Ketapang dengan menambah kapasitas kapal yang selama ini rata rata 1000 DWT diganti dengan ukuran kapal yang lebih besar yaitu 2000 DWT.

Kedua, Pelabuhan Ketapang harus dikonstruksi ulang untuk bersandar kapal kapal besar dan daya tampung di area parkir lebih luas dan nyaman. Tetapi tidak membuat jembatan di Selat Bali karena akan membunuh usaha jasa penyeberangan serta sama artinya dengan mengusung darat ke laut serta menyingkikan kearifan bangsa Bahari.

Untuk kondisi darurat mengurai kemacetan jalur Situbondo-Banyuwangi. Empat Pelabuhan di Situbondo, Pelabuhan Jangkar milik Pemkab Situbondo, Pelabuhan Kalbut, Tanjung Kamal dan Panarukan milik Kementerian Perhubungan yang idle capacity bisa dioperasikan. Tidak semua penyeberang Ketapang-Gilimanuk tujuan ke Pulau Bali, banyak pula diantaranya yang mengambil tujuan akhir di Pulau Lombok.

Pelabuhan Jangkar dan tiga pelabuhan lainnya dapat difungsikan untuk dijadikan sarana ke Bali dan Lombok dengan tujuan Gilimanuk dan Pelabuhan Lembar. Dua kapal Ferry yang diopeasikan dari Pelabuhan Jangkar sudah dioperasikan oleh Pemkab Situbondo.

Hal yang perlu dilakukan untuk kelancaran menuju Jangkar adalah peningkatan infrastruktur jalan dari jalan raya pantura Jawa-Bali ke Pelabuhan Jangkar, Kecamatan Jangkar.

Infrastruktur jalan menuju Pelabuhan Jangkar perlu dilakukan pelebaran jalan atau ditingkatkan kelas jalannya untuk akses kendaraan truk berukuran besar maupun kendaraan berat lainnya yang akan menyeberang ke Lembar maupun Gilimanuk.

Pelabuhan Jangkar selama ini melayani angkutan penyeberangan laut ke Pulau Raas, Pulau Sapudi, Pulau Kangean dan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura.@

*) Ketua Forum Masyarakat Kelautan, Maritim, Perikanan
Anggota Dewan Pakar PWI Jawa Timur

Share214Tweet134
Previous Post

Tujuh Ketua Umum Parpol Serentak Hilang Akal

Next Post

Pemakzulan Jokowi Memungkinkan Akan Terjadi dan Berjalan Mulus

Berita Terkait

Danbrigif 1 Jaya Sakti Kunjungan Kerja ke Yonif 202/Tajimalela

Danbrigif 1 Jaya Sakti Kunjungan Kerja ke Yonif 202/Tajimalela

by wiwin boncel
Mei 11, 2025
0
1.4k

...

Basarnas Diusulkan Naik Kelas Jadi Kementerian

Basarnas Diusulkan Naik Kelas Jadi Kementerian

by Swara
Mei 11, 2025
0
1.4k

...

Jan Hwa Diana, Owner UD Sentoso Seal Jadi Tersangka

Jan Hwa Diana, Owner UD Sentoso Seal Jadi Tersangka

by Swara
Mei 11, 2025
0
1.4k

...

Next Post
Pemakzulan Jokowi Memungkinkan Akan Terjadi dan Berjalan Mulus

Pemakzulan Jokowi Memungkinkan Akan Terjadi dan Berjalan Mulus

Discussion about this post

REKAYOREK

Ini Asal Mula Nama Grup Band Rock Elpamas

10 Feb 2025

Informasi Konstruktif Melindungi dan Melestarikan Seni Budaya…

13 Feb 2025

Bahasa Universal Itu Bernama Matematika

13 Feb 2025
  • Disclaimer
  • Indeks
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi

Copyright © 2021 Siaga Indonesia

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Politik
  • Lainya
    • Kriminal
    • Dunia
    • Nusantara
    • Alutsista
    • Siaga Bencana
    • Opini
    • Podcast

Copyright © 2021 Siaga Indonesia

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.